Perempatan Lampu Merah

(sumber ilustrasi)

Peluh berseru pada setumpuk jualmu di perempatan lampu merah utara. Sering kulihat, hampir setiap hari dalam perjalananku ke kampus dan perjalananku pulang dari kampus.
Hebat, kata yang selalu kuucap dalam hati ketika melihatnya. Walau terik memecut kelembaban kulit, kau terlihat tak menggubrisnya. Walaupun hanya seribu yang kau dapat per jualmu, kau tetap tersenyum berterimakasih.

Warung tenda di seberang jalan jadi tempat wajibmu memperlepas penat dan sekedar menyegarkan tenggorokan. Sesekali kubeli walau hanya kubaca beberapa kolom saja yang menurutku menarik.

“Ya sewu sewu sewu.” Kalimat khas yang selalu kau ulang agar sang pengendara melirikmu. Tak jarang pula mereka mengacuhkanmu, tapi itu tak mematahkan semangatmu sedikitpun.

Kerasnya kehidupan kota nyatanya bukan penghalang seseorang untuk menjadi produktif dalam kehidupannya. Ya, itu satu dari sekian banyak pelajaran yang bisa kuambil dari Mas Loper (kalau aku menyebutnya).

Terkadang aku malu dengan diriku sendiri jika melihatnya, aku mungkin tak akan bisa segigih itu jika pada posisi Mas Loper. Sedari pagi hingga petang, dengan tumpukan korannya, dengan panas-panas cuaca dan panas kendaraan yang berhenti, dia terlihat nrimo dan bersyukur atas apa yang dikaruniani Tuhan untuknya.

“Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?”. Jika melihat Mas Loper, maka aku merasa sangat kecil saat membaca terjemahan surat Ar-Rahman itu. Selama ini kebanyakan dari raga di dunia hanya mementingkan kepuasan nafsunya, tanpa beringat akan segala nikmat tumpah ruah dari-Nya.

Terima kasih Mas Loper, darimu aku banyak mendapat pelajaran yang sangat berharga. Walaupun terkadang aku lupa akan pelajaran itu sendiri. Tapi setidaknya tulisan ini bisa mengingatkanku akan pelajatan itu.

Sekali lagi terima kasih, Mas Loper.

Advertisements

About arif rahman

Duniaku tak seluas duniamu, sempit dan terbatas kata-kata
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s